Bedah Saraf Minimal Invasif

         Setiap kali mendengar operasi bedah saraf, apalagi operasi tumor Otak, maka yang terbayang adalah, operasi yang lama, waktu perawatan yang lama, serta sayatan pada kulit yang besar sehingga terlihat bekas sayatannya.  Pernahkah terbayang, operasi tumor otak melalui sayatan kecil dikulit, atau operasi tumor dasar tengkorak tanpa sayatan dan dilakukan melalui hidung. dengan lama operasi yang lebih singkat, komplikasi yang lebih kecil dan waktu perawatan lebih singkat (pasien dapat pulang hari ke-3 paska operasi )

 

        Atau pernahkah terbayang, operasi tulang belakang, HNP ( awam "saraf kejepit" ), dengan sayatan minimal (2-3 cm), lama operasi yang singkat dan kemudian pasien dapat pulang keesokan harinya.

 

        Kemajuan teknologi dan ilmu bedah saraf saat ini terus mengalami perkembangan. Mulai dari pengembangan alat dignostik, alat-alat operasi dan obat-obatan yang semuanya ditujukan untuk mencapai hasil operasi yang optimal dengan angka kecacatan dan kematian minimal. Sarana penunjang diagnostik seperti CT-Scan, MRI dan DSA sudah menjadi standar dalam pelayanan pasien. Penggunaan mikroskop, endoskopi, Neuronavigasi dan pencitraan intraoperative lain sudah menjadi kebutuhan minimal dalam setiap operasi bedah saraf. Alat-alat penunjang operasi yang berteknologi tinggi juga  menjadi bagian dalam pelayanan bedah saraf. Hal inilah yang mampu mewujudkan yang tak mungkin menjadi mungkin, waktu operasi menjadi lebih cepat, sayatan menjadi sangat kecil hingga tanpa sayatan, waktu perawatan yang jauh lebih cepat., dan tentu dengan hasil yang lebih baik.

 

Pelayanan bedah saraf minimal invasif ini sudah dikembangkan di Bedah Saraf RSPAD dan menjadi salah satu unggulan pelayanan di RSPAD. Adapun Pelayanannya mencakup bedah Otak dan tulang belakang, antara lain :

 

1.    Penyakit Tumor Otak dan tulang belakang,

2.    Kelainan Pembuluh Darah Otak dan tulang belakang.

3.     Penyakit degenerasi otak dan Tulang belakang

4.    Cacat otak bawaan dan tulang belakang

5.    Trauma Otak dan tulang belakang

 

         Dengan Pelayanan bedah Saraf minimal invasif ini diharapkan lebih banyak pasien yang sembuh, dengan lama operasi yang lebih singkat, sayatan yang minimal hingga tanpa sayatan dan lama perawatan yang lebih singkat.

 

Post : 11 Juli 2013 15:07:55, Read : 226


Related News